Nge-Blog Untuk Apa Sih? Kamu Pernah Bertanya Demikian? Ini Jawabanku! - Halimah Daily
Banner IDwebhost

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, January 3, 2018

Nge-Blog Untuk Apa Sih? Kamu Pernah Bertanya Demikian? Ini Jawabanku!


Kalo gak gecek di postingan terdahulu, aku benar-benar gak percaya bahwa aku udah tiga tahun nge-blog. Kenyataannya, konten blog aku masih sedikit baget untuk kurun waktu selama tiga tahun. Maklumlah, aku nulis di sela-sela kuliah sambil kerja. Palingan punya waktu nulis cuman malam, sebelum tidur (itu kalo lagi beruntung gak ngantuk dan gak ada tugas kuliah aja). Kalo ada tugas, pasti aku ngeduluin tugas dari pada nge-blog.


Apa hasil dari nge-blog? 
Banyak temen yang nanya gitu sama aku. Aku sih enjoy aja ngejawabnya. Cuman tinggal bilang “aku gak cari duit di blog.” Dah gitu aja. Yang nanya jadi gak selera ikut jejak aku. Mereka pasti berpikir kalo aku cuman buang-buang waktu.

Mau gimana ya, namanya hobi. Aku seneng banget kalo udah nulis. Apalagi tulisanku ada yang baca. Lebih senang lagi kalo ada yang komentari (selama ini sih belum ada yang komentari). Rasanya gak apa-apa deh kalo gak dapat duit. Cuman, aku berharap, dengan sering menulis di blog ini, kelak tulisanku benar-benar bagus. Dan aku ingin, suatu saat nanti aku bisa mengelola website. Itu cita-cita ku!

Baca Artikel : Planning The Work, Biar Ide Kamu Gak Sebatas Hayalan

Belajar dari blogger senior
Banyak blogger senior yang aku kagumi. Mereka keren-keren baget. Kontennya oke, templetenya keren, tulisannya juga mantap. Aku selalu mengagumi apa yang ditulis dengan gaya mengalir dan mudah dipahami. Rasanya seperti bertemu orang yang serba tahu tapi nggak menggurui.

Dulu, aku bingung dengan blog ini. Selalu aja bertanya-tanya “mau diapakan blog ini?” “Mau nulis apa, ya?” jujur aja aku gak punya kemampuan menulis yang bagus kayak orang-orang. aku cuman pinter nulis di diary doang. Jadi, mohon maklum kalo tulisan-tulisan lama di blog ini isinya kebanyakan seperti curhat, hehe.

Semakin lama, aku semakin menemukan apa yang aku inginkan. Aku ingin blog ini menjadi benar-benar berguna bagi orang lain. Bukan hanya berisi curhatan semata. Seperti yang kalian lihat. Aku udah bikin menu di bagian atas blog. Dan aku juga mulai merapikan tata letak blog aku supaya enak dilihat.

So, nge-blog itu bagi aku adalah latihan nulis. Disinilah kita bisa bebas berpendapat. Bebas menyuarakan isi pikiran kita. Daripada cuman pinter nulis status di medsos doang, mendingan nulis di blog. Bisa lebih panjang tulisannya. Ya, kan?

Carilah teman yang perduli padamu!
Ohya, kamu gak bisa ngeblog sendirian, kalo kamu adalah pemula. Karena apa? Karena kamu pasti akan mengalami banyak kendala. Seperti pengalamanku tiga tahun nge-blog sendirian. Gak ada teman tempat bertanya. Akhirnya blog aku ya, gitu-gitu aja. Gak ada kemajuan.

Maka, saran aku, temukanlah orang yang tepat. Orang yang bisa membimbing kamu saat kamu mengalami kesulitan dalam tahapan-tahapan nge-blog. Diantara sekian banyak blogger, pasti ada satu orang yang dengan senang hati membantumu. 
Menurut aku, blogger yang baik itu adalah yang mau mengajarkan blogger pemula untuk bangkit dari keterpurukan. Dan aku udah nemu orang itu! Mudah-mudahan dia gak bosan menjadi tutorku. Dan ilmunya benar-benar aku serap, karena aku berharap suatu saat ada orang butuh bantuanku lalu aku akan mengajarkan sepertiyang saat ini diajarkan padaku.

Iseng-iseng dapat duit!
Mengenai penghasilan dari blog. Pasti kamu pernah dengar itu bukan? Benar, blog bisa menghasilkan uang. Syaratnya kamu harus mendaftarkan blog milik kamu ke Google Adsense. Aku belum sampai ke tahap itu. kamu lihat sendiri, di blog aku belum ada iklannya. Prosesnya lumayan sulit bagi orang seperti aku. Makanya aku butuh orang lain yang bisa membantu. Sekarang sedang dalam proses kearah sana juga. Berdoalah untukku, semoga blog ini mengalami kemajuan (hope).

Andai saja ada blogger senior yang membaca tulisanku ini, semoga dia menulis komentar "aku bersedia menjadi tutormu" Waaahhh. (hope again).

No comments:

Postingan Terbaru

Hey, Kok Sedih? Perlu Sedikit Motivasi Untuk Move On?

Halimahdaily.com - Bukan begini cara menjalani hidup. Membuang banyak waktu dengan bertanya 'apa salahku?'. Tak perlu tanyakan i...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman