Gaya Casual Dan Gaya Formal Dalam Berkomunikasi - Halimah Daily
Banner IDwebhost

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, November 3, 2017

Gaya Casual Dan Gaya Formal Dalam Berkomunikasi



Apa itu gaya? Dan apa itu komunikasi? Apakah dua kata ini masih terdengar asing di telinga kawan-kawan? Pasti enggak dong, ya?

Gaya komunikasi, kurang lebih artinya adalah cara-cara seseorang dalam berkomunikasi. ada dua tipe gaya berkomunikasi. Yaitu gaya formal dan gaya casual. Pembagian gaya berkomunikasi ini adalah tergantung suasana yang sedang dihadapi.

Baca Juga : Planing The Work, Work The Plan!


Untuk suasana formal, maka dianjurkan menggukanan gaya formal. Dan untuk suasana informal, maka lebih baik menggunakan gaya casual.

Gaya formal

Gaya ini lebih terstuktur, kurang gaul, kepribadian lebih teratur dan jarang menggunakan lelucon atau joke-joke yang tidak pantas. Serta menggunakan emosi yang lebih teratur.
Hati-hati dalam suasana formal seperti ini. Jangan sampai keceplosan menggunakan gaya casual. Karena, menggunakan gaya casual dalam suasana formal bisa dianggap tidak sopan.

Gaya casual

Gaya ini lebih santai, bahasa yang digunakan juga bahasa sehari-hari yang lebih gaul dan kekinian. Gaya ini memungkinkan untuk bermain-main dan membuat lelucon serta bebas mengungkapkan emosi. Alias bebas unjuk gigi.

Tidak ada aturan ketat sebagaimana dalam suasana formal. Kamu bebas mengekspresikan diri dengan se-natural mungkin sehingga bebas dari tekanan.

Nah, sudah tau kan kawan-kawan sekalian? Sekarang, pilah dan pilihlah gaya mana yang sesuai dengan suasana yang sedang dihadapi. Seperti kata pepatah :

“Dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung”

Pandai-pandailah menyesuaikan diri dengan lingkungan dihadapan kita. Supaya kita tidak berbuat kesalahan yang membuat kita menyesal di kemudian hari.


No comments:

Postingan Terbaru

Hey, Kok Sedih? Perlu Sedikit Motivasi Untuk Move On?

Halimahdaily.com - Bukan begini cara menjalani hidup. Membuang banyak waktu dengan bertanya 'apa salahku?'. Tak perlu tanyakan i...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman