Setiap orang mendambakan dapat berkerja di sebuah perusahaan
elite, mendapat gaji yang tinggi, di cintai rekan kerja dan atasan, dan
lain-lain. Tapi, setelah mendapat pekerjaan yang layak, banyak orang akhirnya
merasa tertekan dan lama-lama mereka menyadari bahwa mereka tidak mencintai
pekerjaannya. Mengapa ini bisa terjadi? banyak faktor penyebabnya, begitu pula
sebaliknya. Akan ada banyak solusi untuk menanganinya. Disini saya ingin
memberikan sedikit solusi yang selalu saya terapkan selama ini.
Berikut adalah solusi yang saya tawarkan untuk Anda :
1. Anggap itu bukan beban
Setap pekerjaan yang di anggap beban, biasanya akan terselaseikan
dengan sikap bermalas-malasan. Atau, paling tidak kita selalu merasa tertekan.
Jika kita susah merasa enggan di awal, tidak akan muncul perasaan
tulus untuk membangun inovasi-inovasi baru. Akhirnya, hari kerja disambut
dengan perasaan tertekan. Dan hari libur di sambut dengan riang gembira.
2. Percayakan
bahwa Anda ahli dibidang itu.
Salah satu cara menghibur diri adalah membangun sikap optimis
dalam diri. Meyakinkan diri sendiri bahwa sesungguhnya ia sangat berbakat.
Maka, lihat saja hasilnya. Diri kita, bukan hanya saja bersemangat melakukan
pekerjaan itu, tetapi juga menjadi sangat tekun dan teliti. Jauh berbeda dengan
ketika kita merasa cemas dan khawatir akan ketidak mampuan kita. Pasti hasil
kerja kita sangat buruk.
3. Cari
cara lebih praktis, namun tetap menjaga S.O.P
Standard Operational Procedure (S.O.P) selalu ada di lembaga
mana pun kita berkerja. Namun, tentunya setiap perusahaan berbeda S.O.P
nya. Ingat, S.O.P bukan menjadi penghalang bagi kita untuk lebih kreatif.
Bahkan jika kita mampu memberikan hasil yang jauh lebih memuaskan, S.O.P itu
sendiri akan diubah mengikuti jalur kita. Apalagi jika atasan kita terkesan
pada ide cemerlang yang kita berikan.
4. Menjaga
hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan
Dimana pun kita berkerja, hal paling mendasar yang paling penting
adalah hubungan baik dengan variable internal perusahaan. Jika kita gagal
membangun hubungan baik dengan mereka. Maka untuk seterusnya kita akan gagal
meraih sukses bekerja. Sekali pun kita orang yang paling ahli dalam pekerjaan
itu.
5. Lakukan
evaluasi
Sering kita merasa jenuh dengan aktivitas yang itu-itu saja.
sekian lamanya kita berkerja dengan mengulang-ulang proses yang sama hampir
sepanjang tahun adalah hal yang membosankan. Maka, sangat perlu mengevaluasi
pekerjaan. Manfaatnya sangat besar bagi karyawan dan bagi perusahaan itu
sendiri.
Bagaimanakah manfaatnya? Karyawan dapat selalu meng-up grade
prestasi mereka, dan perusahaan senantisasa mendapatkan hasil yang memuaskan
dari itu. Karena produk mereka selalu terawasi kualitasnya.
6. Percaya
diri dan jujur
Bukan tidak ada karyawan handal yang dipecat perusahaan karena
kecerobohannya. Ceroboh yang saya maksud adalah ketidak jujuran mereka dalam
hal menjaga kepercayaan atasan nya. Untuk itu, sangat penting bagi setiap
karyawan memiliki rasa percaya diri dan jujur. Dengan demikian, ia akan selamat
dari fitnah yang mengancam karirnya@
No comments:
Post a Comment